Lambang Propinsi Sulawesi Selatan

Lambang Propinsi Sulawesi Selatan terdiri dari unsur bintang, padi dan kapas, banteng sombu opu, badik, gunung dan petak sawah, dan perahu pinisi.

Lambang Propinsi Sulawesi Selatan
#logo

Sulawesi Selatan adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di bagian selatan Sulawesi. Ibu kotanya adalah Makassar, dahulu disebut Ujung Pandang.

Luas Wilayah Sulawesi Selatan 46.717,48 km2 dengan Jumlah Penduduk Tahun 2012 ¬+ 8.214.779 Jiwa dengan Kepadatan Penduduk 175,84 Jiwa/km2 yang tersebar di 24 Kabupaten/Kota yaitu 21 kabupaten dan 3 kotamadya, 304 kecamatan, dan 2.953 desa/kelurahan, yang memiliki 4 suku daerah yaitu suku Bugis, Makassar, Mandar dan Toraja.

Arti Lambang

  • Bintang bersudut dan bersinar lima sebagai Nur Cahaya mewujudkan Lambang Ketuhanan Yang Maha Esa
  • Buah padi dan buah kapas melingkar. Buah padi berjumlah 17, buah kapas berjumlah 8, daun kelopak kapas bergerigi 4 dan buah bergerigi 5, melukiskan hari Proklamasi 17-8-1945 dan dasar keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
  • Sebilah badik terhunus berpamor satu yang berlekuk lima mewujudkan lambang kepahlawanan serta kesiap-siagaan dalam membela kehormatan bangsa dan Tanah air yang berdasarkan Pancasila : lima lekuk pamor disesuaikan bilangan-bilangan kramat pada Pancasila.
  • Gunung, Desa dan petak-petak sawah sebagai pangkal kesuburan menuju masyarakat adil dan makmur.
  • Sebuah semboyang yang dituliskan dalam huruf lontara yang berbunyi To’do’ puli yang bermakna Teguh dalam Keyakinan.
  • Selembar pita yang bertuliskan “SULAWESI SELATAN” , huruf Lontara dan Pita yang bercorak sarung sutra menggambarkan Kebudayaan yang khas dan tinggi nilainya sejak dahulu kala.
  • Benteng “Somba Opu” dilihat dari atas mewujudkan lambang kepahlawanan rakyat Indonesia Sulawesi Selatan dalam menentang Imperialisme, Kolonialisme, Neokolonialisme dan Feodalisme antara lain :
  • - Perahu Pinisi berlayar diatas tiga gelombang menggambarkan jiwa pelaut yang ulet, penuh melintasi dan sanggup melaksanakan tujuan Perjuangan 17 Agustus 1945. Haluan Perahu mengarah kebarat, disesuaikan dengan letak geografis dari Ibukota Negara Republik Indonesia.
  • - Pacul menggambarkan msyarakat Agraris sebagai basis dan gerigi mesin menggambarkan industri sebagai tulang punggung.
  • - Buah kelapa menggambarkan kekayan hasil bumi Sulawesi Selatan.
Lambang Prov. Sulawesi Selatan diatur dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 1972 yang menggambarkan unsur-unsur historis, kultural, patriotik, sosiologis, ekonomi dan menunjukkan bahwa Daerah Sulsel merupakan bagian mutlak dari Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lambang Propinsi Sulawesi Selatan

Website : Propinsi Sulawesi Selatan
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url