Logo Universitas Jambi

Universitas Jambi (disingkat UNJA) adalah perguruan tinggi negeri yang berada di provinsi Jambi, Indonesia. Berdiri pada 23 Maret 1963 yang di pimpin oleh Kolonel M. Joesoef Singedekane sebagai ketua presidium dan baru di pimpin oleh rektor pertamanya, Prof. Drs. H. Kemas Mohamad Saleh pada tahun 1977.

Logo Universitas Jambi
Logo Universitas Jambi

#logo

Lambang Universitas Jambi

Lambang Universitas Jambi adalah seekor angsa putih yang sedang mengembangkan sayapnya di dalam segi lima dengan latar belakang warna dasar pinang masak dan berisikan tulisan Universitas Jambi, sebagai wadah pengembangan ilmu pengetahuan yang menjunjung tinggi moral dan etika. Menurut riwayatnya ada dua ekor angsa putih yang dipakai oleh Raja Jambi dahulu kala sebagai petunjuk tempat lokasi bagui pendiri sebuah kota.

Konon oleh Raja, kedua angsa putih itu lepas di Sungai Batanghari, kemudian mendarat di suatu tempat tertentu yang menurut legenda tempat tersebut adalah tempat di mana masjid Agung Al Falah sekarang ini berada.

Di tempat tersebut kemudian dibangun sebuah kota, sebagai pusat kerajaan yang diberi nama Jambi. Konon nama Jambi berasal dari kata “Jambe” yang berarti “Pinang” yang merupakan nama seorang Ratu yang bertahta yaitu Puti Selaras Puinang Masak.

Unsur yang terdapat pada lambang mengandung makna:

  • Dasar lambang adalah segi lima beraturan yang melambangkan Pancasila;
  • Seekor Angsa Putih yang sedang mengembangkan sayapnya di dalam segi lima, berarti sebagai lambang penemuan sesuai dengan riwayat asal usul pendirian Kota Jambi;
  • Jumlah bulu sayap kiri Angsa Putih sebanyak delapan helai, berarti sebagai puncak Undang Nan Delapan, Yaitu: undang-undang adat Jambi yang mengandung pantangan/larangan;
  • Jumlah bulu sayap kanan Angsa Putih sebanyak sembilan helai, berarti sebagai Sepucuk Jambi Sembilan Lurah, yaitu: adanya anak sungai yang mengalir dibawah kekuasaan Jambi yaitu: Batang Merangin, Mesumbai, Tabir, Pelepat, Asai, Tebo, Bungo, Jujuhan dan Tembesi;
  • Bulu badan dan Bulu penyambung berjumlah dua belas helai, berarti sebagai anak Undang Nan Dua Belas dan Masyarakat Jambi yang terdiri dari dua belas Orang yang disebut juga dengan Perisai Dua Belas;
  • Di paruh angsa putih terdapat sebilah keris Siginjai, berarti lambang kesatriaan;
  • Di bawah leher angsa putih terdapat tiga buah puncak yang menjadi satu dengan dasar sebuah lengkung di bawahnya, pada puncak yang di tengah terdapat sebuah neraca yang berarti sebagai Undang-Undang Hukum, yaitu Undang-Undang Adat Daerah Jambi yang menentukan berat ringannya hukuman.

    Logo Universitas Jambi png
    Download
    Logo Universitas Jambi hitam putih png
    Download

    By downloading this artwork you agree to the following:

    The above logo design and the artwork you are about to download is the intellectual property of the copyright and/or trademark holder and is offered to you as a convenience for lawful use with proper permission from the copyright and/or trademark holder only. You hereby agree that you agree to the Terms of Use and that the artwork you download will be used for non-commercial use without infringing on the rights of the copyright and/or trademark holder and in compliance with the DMCA act of 1998. Before you use or reproduce this artwork in any manner, you agree to obtain the express permission of the copyright and/or trademark holder. Failure to obtain such permission is a violation of international copyright and trademark laws subject to specific financial and criminal penalties.
Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url