Logo PT ASDP Indonesia Ferry

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) disingkat ASDP adalah salah satu BUMN di Indonesia yang bergerak dalam jasa angkutan penyeberangan dan pengelola pelabuhan penyeberangan untuk penumpang, kendaraan dan barang.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP adalah BUMN yang bergerak dalam bisnis jasa penyeberangan dan pelabuhan terintegrasi dan tujuan wisata waterfront. ASDP menjalankan armada ferry sebanyak lebih dari 160 unit yang menangani lebih dari 300 rute di 36 pelabuhan di seluruh Indonesia dan mengembangkan bisnis lainnya terkait dengan pengembangan kawasan pelabuhan, seperti Bakauheni Harbour City di Provinsi Lampung dan Kawasan Marina Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Di tahun 2023, PT ASDP Indonesia Ferry resmi merilis logo barunya. Dengan semangat pembaharuan yang ramah terhadap lingkungan, ASDP berharap akan terus tumbuh secara berkelanjutan untuk memajukan Indonesia.

Berikut Logo ASDP Indonesia Ferry

Logo PT ASDP Indonesia Ferry


Logo PT ASDP Indonesia Ferry
#logo

Fungsi utama perusahaan ini adalah menyediakan akses transportasi publik antar pulau yang bersebelahan serta menyatukan pulau-pulau besar sekaligus menyediakan akses transportasi publik ke wilayah yang belum memiliki penyeberangan guna mempercepat pembangunan (penyeberangan perintis).

Sejarah ASDP

Pada tahun 1973 penyelenggaraan Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan mulai dilaksanakan oleh Proyek Angkutan Sungai Danau dan Ferry (PASDF) di bawah naungan Direktorat Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Ferry (DLLASDF) Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Departemen Perhubungan.

Kemudian pada tahun 1980 PASDF diubah menjadi Proyek Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PASDP). Mengemban tugas operasi pelayanan angkutan penyeberangan antar pulau, bertanggungjawab menyediakan terminal umum penyeberangan angkutan sungai danau dan ferry dan menjamin terpenuhinya keselamatan pada sistem transportasi tersebut.

Tahun 1986 PASDP bermetamorfosis menjadi Perusahaan Umum Angkutan Sungai dan Penyeberangan (Perum ASDP).

Pada tahun 1992 Perum ASDP berubah menjadi PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (Persero). Perubahan ini mengindikasikan bahwa PT. ASDP mampu bersaing dengan perusahaan swasta dan BUMN lainnya tanpa meninggalkan fungsinya sebagai penyedia jasa angkutan penyeberangan perintis.

Kemudian pada tahun 2004 PT ASDP (Persero) berubah menjadi PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), sebagai bagian dari proses transformasi bisnis untuk mengubah posisi perusahaan menjadi BUMN yang dapat memberikan kontribusi lebih bagi Negara.

Tahun 2008 terjadi transformasi bisnis PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) yang ditandai dengan modernisasi operasional dan infrastruktur dan teknologi menuju standar internasional. Dengan motto “We Bridge The Nation” ASDP Indonesia Ferry melangkah maju menjadi perusahaan ferry modern.

ASDP Indonesia Ferry menyediakan jasa penyeberangan pulau di seluruh wilayah Indonesia dengan lebih dari 206 rute. Berikut ini adalah daftar cabang ASDP di seluruh Indonesia.

Logo PT ASDP Indonesia Ferry_237 design


Logo PT ASDP Indonesia Ferry



Website : ASDP Indonesia
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url