Bank ICBC Indonesia Logo

Bank ICBC Indonesia Logo
#logo

Tentang Bank ICBC Indonesia

Bank ICBC Indonesia Logo

Bank ICBC Indonesia, adalah bank yang terbentuk dari hasil akuisisi Bank Halim Indonesia (yang saat itu berkantor pusat di Surabaya) oleh Industrial & Commercial Bank of China Limited (selanjutnya disebut "ICBC Limited"), pada 28 September 2007, dan kemudian diubah namanya menjadi PT Bank ICBC Indonesia.

ICBC Limited adalah “Bank Terbaik di Tiongkok” versi majalah The Banker dari Inggris yang diraih selama tiga tahun berturut-turut. ICBC Limited juga merupakan “Bank Devisa Terbaik” menurut versi majalah Global Finance dari Amerika Serikat. ICBC Limited menguasai 98,61% saham Bank ICBC Indonesia, sedangkan sisanya dikuasai oleh PT Intidana Wijaya.

Proses akuisisi Bank Halim Indonesia oleh ICBC Limited merupakan contoh keberhasilan pengambilalihan sebuah bank lokal oleh bank asing yang berasal dari Tiongkok. Hal itu merupakan langkah awal yang baik untuk membangun kiprah keberhasilan Bank ICBC Indonesia selanjutnya. Meningkatnya permintaan terhadap produk dan layanan paska akuisisi tersebut, membuat Bank ICBC Indonesia merelokasikan Kantor Pusatnya dari Surabaya ke ICBC Tower di Jalan M.H. Thamrin No. 81, Jakarta, pada Desember 2007.

Salah satu keunggulan Bank ICBC Indonesia adalah kemampuannya untuk berkontribusi dalam mendukung pesatnya perkembangan infrastruktur di Indonesia. Dalam upaya pencapaian tersebut, Bank ICBC Indonesia menerapkan kebijakan prinsip kehati-hatian yang tercermin dengan menargetkan segmen yang memiliki risiko relative rendah seperti BUMN dan perusahaan blue-chip yang beroperasi di Indonesia.

Bank ICBC Indonesia Logo


Bank ICBC Indonesia mengambil manfaat dari posisi geografisnya yang strategis, jaringan yang memadai, dukungan sistem perbankan dari ICBC Limited, serta kepercayaan Pemegang Saham yang tinggi, sehingga Bank ini mampu memberikan layanan serta produk perbankan berkualitas tinggi dan efisien bagi nasabah korporasi maupun individual.

Pada akhir 2016, Bank ICBC Indonesia telah memiliki 21 jaringan kantor cabang yang tersebar di tujuh provinsi di Indonesia yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Kalimantan Timur dan Sulawesi Selatan, dengan total 701 karyawan.

Guna mempermudah akses bagi nasabah ke rekening tabungan, Bank ICBC Indonesia mengintegrasikan jaringan ATM-nya dengan jaringan ATM ICBC Limited dan ATM Bersama. Dengan demikian, nasabah Bank ICBC Indonesia dapat menggunakan Kartu ATM ICBC Indonesia tidak hanya di terminal ATM ICBC di Indonesia saja, namun juga di lebih dari 100.000 ATM ICBC di Tiongkok dan 60.000 ATM bank lain yang tergabung kedalam jaringan ATM Bersama.

Setelah hampir satu dekade beroperasi, Bank ICBC Indonesia tidak hanya telah menunjukkan peningkatan pesat pada neraca maupun rentabilitas, namun juga telah mengembangkan produk dan aktifitas yang komprehensif bagi nasabah. Bank ICBC Indonesia akan memanfaatkan apa yang telah dilakukan pada dekade sebelumnya seperti pemanfaatan sumber daya dari perusahaan induk ICBC Limited yang luas, jangkauan global, serta teknologi yang mumpuni, guna mencapai prestasi yang lebih tinggi.

Selain itu, perkembangan hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok memberikan kesempatan kepada Bank ICBC Indonesia memaksimalkan pencapaian misinya untuk menjadi jembatan ekonomi, keuangan dan budaya antara kedua negara dengan menawarkan berbagai produk dan layanan tersebut kepada Nasabah Korporasi dan Komersial, Ritel serta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Strategi transformasi yang telah dijalankan selama beberapa tahun terakhir akan dilanjutkan dalam kurun waktu lima tahun mendatang, sehingga menjadi institusi finansial terkemuka dengan layanan, kinerja, dan kontribusi terbaik, serta dapat memberikan sumbangsih lebih terhadap perkembangan perekonomian Indonesia.

Transformasi tersebut dilaksanakan antara lain melalui pemilihan segmen nasabah BUMN dan perusahaan blue-chip, perubahan struktur pendapatan Bank yang menitikberatkan pada pertumbuhan kontribusi pendapatan komisi, perubahan struktur pendanaan Bank yang berfokus pada pertumbuhan Dana Pihak Ketiga terutama giro dan tabungan, mempercepat pertumbuhan bisnis konsumen, penguatan pengawasan internal dan percepatan alih teknologi dari ICBC Limited.

Bank ICBC Indonesia Logo
Bank ICBC Indonesia Logo


Bank ICBC Indonesia
Website : indonesia.icbc.com.cn
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url