Logo Universitas Pattimura Ambon

Universitas Pattimura atau UNPATTI adalah perguruan tinggi di Negeri Rumahtiga, Kota Ambon yang berdiri pada 8 Agustus 1962.

Universitas Pattimura memiliki logo yang berbentuk pentagon dan di dalamnya terdapat lambang sepuluh dasar mahkota, tiga butir mutiara, dan kelopak daun teratai. Warna pada logo tersebut merupakan perpaduan dari kuning emas, putih, merah, biru, dan juga hitam yang masing-masing memiliki makna tersendiri.

Logo Universitas Pattimura Ambon

#logo

Sejarah Universitas

Universitas Pattimura didirikan atas prakarsa Dr. J. B. Sitanala dan beberapa tokoh masyarakat yang mewujudkan aspirasi rakyat untuk berpartisipasi dalam pembangunan bangsa dan negara terutama dalam bidang pendidikan tinggi dan pengembangan ilmu pengetahuan. Dibentuklah Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat pada tanggal 20 Juli 1955 yang diketuai oleh Cornelis Loppies yang berhasil mendirikan Fakultas Hukum pada tanggal 3 Oktober 1956.

Tanggal 3 Oktober 1956 kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Universitas Pattimura. Pada tanggal 6 Oktober 1959, Fakultas Sosial dan Politik dibuka, disusul dengan dibukanya Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan pada tanggal 10 September 1961. Guna memenuhi syarat menjadi sebuah universitas negeri, dibukalah dua fakultas bidang ilmu eksak, yaitu Fakultas Pertanian Kehutanan dan Fakultas Peternakan pada tanggal 1 September 1963.[2]

Tanggal 1 Agustus 1962 Yayasan Perguruan Tinggi Maluku Irian Barat berubah menjadi Universitas Negeri dengan Surat Keputusan Menteri PTIP Nomor 99 tahun 1962 tanggal 8 Agustus 1962 dengan lima Fakultas yakni:

  1. Fakultas Hukum
  2. Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan
  3. Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik
  4. Fakultas Pertanian Kehutanan
  5. Fakultas Peternakan

Presiden Soekarno melalui Keputusan Presiden Nomor 66 Tahun 1963 tanggal 23 April 1963 mengesahkan pendirian Universitas di Ambon yang diberi nama Universitas Pattimura.

Fakultas Ekonomi dibuka 15 September 1965

Fakultas Teknik dibuka 16 April 1970 dengan memanfaatkan bangunan-bangunan eksasta proyek Fakultas Teknologi Ambon (FTA). Pada bulan Agustus 1964 Fakultas Keguruan dan llmu Pendidikan beralih status menjadi IKIP Jakarta Cabang Ambon dengan Rektomya Drs. F.F.H. Matruty. Kemudian pada tanggal 16 September 1969 IKIP Jakarta Cabang Ambon diintegrasikan kembali ke dalam Universitas Pattimura menjadi dua fakultas yaitu Fakultas Keguruan dan Fakultas llmu Pendidikan. Pada tahun 1974 Fakultas Peternakan dilengkapi dengan jurusan Perikanan dan sekaligus mengalami perubahan nama menjadi Fakultas Peternakan/Perikanan.

Logo Universitas Pattimura Ambon
Download

By downloading this artwork you agree to the following:

The above logo design and the artwork you are about to download is the intellectual property of the copyright and/or trademark holder and is offered to you as a convenience for lawful use with proper permission from the copyright and/or trademark holder only. You hereby agree that you agree to the Terms of Use and that the artwork you download will be used for non-commercial use without infringing on the rights of the copyright and/or trademark holder and in compliance with the DMCA act of 1998. Before you use or reproduce this artwork in any manner, you agree to obtain the express permission of the copyright and/or trademark holder. Failure to obtain such permission is a violation of international copyright and trademark laws subject to specific financial and criminal penalties.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url