Logo SMK PU Negeri Bandung Propinsi Jawa Barat

Logo SMK PU Negeri Bandung Propinsi Jawa Barat

Tentang SMK PU Negeri Bandung Propinsi Jawa Barat

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat No.819/30-Dikmenti tanggal 2 Januari 2012 SMK PU Negeri Bandung Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu sekolah Negeri yang berada dibawah binaan Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Sebelumnya status SMK PU Negeri Bandung merupakan sekolah swasta yang berada dibawah Yayasan Dharmaloka Provinsi Jawa Barat dengan nama SMK PU Provinsi Jawa Barat.

Awalnya Sekolah Teknologi Menengah Pekerjaan Umum atau disingkat STM PU Prop DT 1 Jabar didirikan di Bandung pada tahun 1961 berdasarkan SK Gubernur Kepala Daerah Djawa Barat Nomor : 15/UP/VIII-b/i/61, tanggal 27 Djuli 1961. Sejak berdirinya sampai saat ini, sekolah berdomisili di Jl. Garut No.10 Bandung. Adapun dasar pertimbangan Gubernur Kepala Daerah Djawa Barat menerbitkan SK diatas adalah sebagai berikut :

Bahwa guna mengisi kekurangan tenaga teknik menengah pada Djawatan Pekerjaan Umum Daerah Tingkat I dan II Djawa Barat untuk melaksanakan pembangunan sesuai dengan program pemerintah dibutuhkan sejumlah tenaga berpendidikan teknik menengah dalam jangka waktu pendek.
Bahwa tenaga-tenaga tersebut diperlukan untuk mengisi lowongan tenaga-tenaga teknik menengah yang telah diberhentikan dengan hak pensiun
Bahwa hasil dari sekolah-sekolah Teknik Menengah yang ada di Djawa Barat belum dapat memenuhi kebutuhan dinas Pekerjaan Umum dalam lingkungan Daerah Tingkat I Djawa Barat.

Logo SMK PU Negeri Bandung Propinsi Jawa Barat

Logo SMK PU Negeri Bandung Propinsi Jawa Barat

Adapun jurusan / Kompetensi Keahlian sesuai tahun berdiri sebagai berikut :

1. Jurusan/ Program Studi : Teknik Sipil/ Bangunan Air (dari Tahun 1961 s/d 2000)
2. Jurusan/ Program Studi : Teknik Mesin (dari tahun 1968 s/d 1973)
3. Jurusan/ Program Studi : Teknik Geodesi/ Survei dan Pemetaan (dari tahun 1971 s/d sekarang).
4. Jurusan/ Program Studi : Teknik Konstruksi Bangunan ( dari tahun 2000 s/d Tahun 2003).
5. Program Keahlian : Teknik Gambar Bangunan (dari tahun 2001 s/d sekarang).

Setelah dibawah Binaan Yayasan Darmaloka Propinsi Jawa Barat sejak Tahun 2004 sekolah menambah atau membuka Bidang Keahlian yang baru yaitu Program Keahlian Teknik Mekanik Otomotif dan dengan Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan, sehingga sejak tahun 2004 sampai dengan sekarang jurusan / Kompetensi Keahlian yang ada terdiri dari :

  • Teknik Survei Pemetaan (TSP)
  • Teknik Gambar Bangunan (TGB)
  • Teknik Kendaraan Ringan (TKR)
  • Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

Website : www.smkpunegerijabar.sch.id/profil-page

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url