Logo STSI (Sekolah Tinggi Seni Indonesia) Bandung

Logo-STSI-Sekolah-tinggi-Seni-Indonesia_Bandung

Sekilas STSI Bandung

Sekolah Tinggi Seni Indonesia (STSI) Bandung adalah perguruan tinggi negeri yang didirikan oleh pemerintah melalui Keppres Nomor 59 Tahun 1995, di bawah pembinaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Tugas pokok STSI Bandung adalah menyelenggarakan pendidikan akademik dan atau profesional bidang seni di atas pendidikan menengah.

Arti Lambang,Logo STSI Bandung

Lambang STSI Bandung berwarna biru tarum dengan bentuk paduan harmonis antara figur Dewi Saraswati (dewi ilmu pengetahuan dan kesenian) dan bunga padma (teratai). Dewi Saraswati digambarkan berdiri di atas bunga padma bermahkota 8 dalam posisi dinamis, memakai sampur yang berbentuk angka 2 dan 9, bermahkota susun tiga, masing-masing tangannya memegang kujang, lontar, tasbih, dan pena.

Logo-STSI-Bandung
Logo-STSI-Bandung

Makna Lambang STSI Bandung

  • Warna biru tarum
    Warna biru tarum adalah lambang keagungan dan kewibawaan masyarakat Sunda. Warna ini menginspirasikan setiap gerak dan langkah STSI Bandung untuk senantiasa mengarah ke transendensi, sehingga memiliki nilai keagungan dan kewibawaan.
  • Dewi Saraswati
    Dewi Saraswati adalah dewi ilmu pengetahuan dan seni yang melambangkan jiwa STSI Bandung dalam mengemban visinya, yakni menjadi pusat kajian seni pertunjukan yang merujuk pada benang merah tradisi serta momen-momen kreatif yang hidup dan menghidupi lingkungannya.

    Dewi Saraswati digambarkan dinamis dengan sampur membentuk angka 2 dan 9 (29)

    • Gerak dinamis melambangkan geliat kesiapan STSI Bandung dalam menjawab tantangan dan tuntutan zaman.
    • Sampur melambangkan keparipurnaan setiap langkah STSI Bandung dalam menjalankan visi, misi, dan tujuan.
    • Angka 29 melambangkan tanggal kelahiran STSI Bandung.

    Mahkota bersusun tiga, melambangkan Tridarma Perguruan Tinggi yang diemban STSI Bandung, yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Kepada Masyarakat.

    Tangan kanan atas memegang 5 (lima) biji tasbih, melambangkan Pancasila yang menjadi dasar pijakan STSI Bandung dalam melakukan Tridarma Perguruan Tinggi, serta semangat STSI Bandung dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan.

    Tangan kiri atas memegang daun lontar, melambangkan komitmen STSI Bandung dalam menggali, mengolah, dan mengembangkan aset seni dan budaya bangsa demi kemaslahatan umat manusia.

    Tangan kanan bawah memegang senjata kujang berlubang tiga

    • Senjata kujang menunjukkan bahwa STSI Bandung berada di Jawa Barat.
    • Lubang tiga melambangkan semangat cipta, rasa, dan karsa STSI Bandung dalam mengelola budaya lokal sehingga berwibawa global.

    Tangan kiri bawah memegang pena, melambangkan semangat STSI Bandung untuk senantiasa menorehkan hasil terbaik dari Tridarma Perguruan Tinggi yang diembannya.

    Bunga padma (teratai) bermahkota delapan, melambangkan kesucian hati segenap sivitas akademika STSI Bandung dalam menjalankan visi, misi, dan tujuan. Selain melambangkan bulan kelahiran STSI Bandung (Agustus; bulan kedelapan), juga melambangkan depapan laku hastabrata, yakni cerminan sifat surya (matahari), candra (bulan), kartika (bintang), mega (awan), bayu (angin), tirta (air), agni (api), dan bumi (tanah), yang menjadi landasan segenap sivitas akademika STSI Bandung dalam menjalankan visi, misi, dan tujuan.

Website : STSI Bandung

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url