Lambang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan

Kabupaten Banyuasin adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sumatra Selatan. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Musi Banyuasin yang terbentuk berdasarkan UU No. 6 Tahun 2002.

Lambang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan

#logo

Nama kabupaten ini berasal dari nama Sungai Banyuasin, yang melintasi wilayah kabupaten ini dan Kabupaten Musi Banyuasin. Perkataan banyuasin sendiri berasal dari istilah bahasa Jawa banyu (air) dan asin, merujuk pada kualitas air sungai tersebut yang masin rasanya, terutama ke arah pantai.

Luas Kabupaten Banyuasin 11.875 km2, terdapat beberapa suku yang tinggal dan menetap di kabupaten ini, antara lain Jawa, Madura, Bugis, Bali dan Penduduk asli Banyuasin (melayu). Batas Wilayah banyuasin mengelilingi 2/3 wilayah kota palembang, sehingga banyuasin dapat dikatakan sebagai wilayah penyangga ibu kota provinsi sumatera selatan.

Arti Lambang Kabupaten Banyuasin


Arti lambang kabupaten banyuasin
  • Makna Warna
    Warna Biru Menghimpun
    Warna Hijau Subur Makmur
    Warna Kuning Tentram
    Warna Putih Suci Pertumbuhan

  • Lambang Prisai – Bertuliskan Banyuasin
    Perisai adalah lambang perlindungan sebagai pertahanan, perisai tertuang pada logo, dibagi 6 area melambangkan Kabupaten Banyuasin dilindungi 6 unsur Bagian Pertahanan Negara. 1. AU 2. AL 3. AD 4. Kepolisian 5. Sipil 6. Kabupaten Baru
  • Bintang
    Melambangkan agamis : meskipun Banyuasin terdiri dari berbagai agama tetapi tetap saling menghargai & Berketuhanan Yang Maha Esa.
  • Sawit, Minyak, Karet
    Melambangkan potensi Sumber Daya Alam yang berpotensi Daerah Banyuasin terdapat Sumber Kekayaan Alam yang patut ditumbuh kembangkan dimasa mendatang.
  • Gelombang Biru
    Melambangkan Kabupaten Banyuasin memiliki Potensi Kelautan
  • Tudung Adat (Tudung Saji) = SK Berdirinya Kabupaten Banyuasin Melambangkan Suatu Badan Adat yang berperan Sebagai Pelindung dan sebagai tempat Musyawarah & Mufakat
    Warna merah melambangkan masyarakat Banyuasin berkemauan keras semangat & tekat untuk membangun atau menyelesaikan permasalahan.
  • 5 Rantai Kiri dan Kanan
    Melambangkan pengikat hubungan masyarakat dan falsafah antara dulang dan tudung saling mengikat tidak terpisahkan sebagai pemersatu masyarakat Banyuasin.
  • Dulang
    Melambangkan Wadah Pemersatu dan Kekeluargaan Masyarakat Banyuasin
  • Tangkai Buah Padi dan Sekutum Bunga Kapas Melambangkan kesejahteraan bagi masyarakat Banyuasin
  • 9 (Sembilan) Garis Biru
    Melambangkan di Kabupaten Banyuasin mengalir sungai sebanyak 9 anak sungai
  • Moto Sedulang Setudung
    Sedulang Setudung adalah Bahasa bahasa Daerah yang melambangkan bahwa Masyarakat Banyuasin dalam membangun Daerah didasari tekad kebersamaan, pita putih melambangkan kesetiaan dan keluhuran.
  • Tulisan Kata Banyuasin
    Menyatakan Nama Daerah


Lambang Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan logo png


Website : kab Banyuasin
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url