Logo SMK Negeri 1 Karawang Jawa Barat

SMK Negeri 1 Karawang (STM Negeri 1 Karawang) didirikan pada tanggal 03 Agustus 1965 berdasarkan SK. Pendirian No. 92/DIRPT/BI/65 yang ditandatangani oleh Menteri Pendidikan Nasional.

Logo SMK Negeri 1 Karawang
#logo

SMK Negeri 1 Karawang, dahulu Sekolah Teknologi Menengah (STM) Negeri Karawang, dengan nama lengkap Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Karawang (biasa disebut SMKN 1 Karawang) adalah sebuah Sekolah Menengah Kejuruan negeri yang berlokasi di Karawang Barat, Karawang, Jawa Barat, Indonesia.

Sekolah ini mulai di bangun tahun 1965. Sampai tahun 2017, sekolah ini memiliki 11 buah program keahlian yakni Teknik Gambar Bangunan, Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik, Teknik Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Fabrikasi Logam, Teknik Gambar Mesin, Teknik Kendaraan Ringan, Teknik Sepeda Motor, Teknik Elektronika Industri, Rekayasa Perangkat Lunak, serta Teknik Komputer dan Jaringan yang masing-masing memiliki tempat kerja atau bengkel produktif tersendiri di dalam lingkungan sekolah.

Masing-masing peserta didik menurut program keahlian menjalani pendidikan selama tiga tahun, yakni kelas X, XI, dan XII, kecuali untuk jurusan Teknik Fabrikasi Logam yang harus dijalani selama empat tahun, selama tiga tahun di sekolah dan satu tahun di dunia industri untuk menjalani magang. Kurikulum atau bahan ajar yang digunakan di SMK Negeri 1 Karawang adalah Kurikulum 2013.

SMK Negeri 1 Karawang menjadi salah satu SMK Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) Indonesia Vocational Educational Strengthening (INVEST) dengan dasar Surat Keputusan Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional No. 10/C/KEP/MN/2009 tentang Penetapan 90 (Sembilan Puluh) SMK sebagai Target dan Sasaran Pengembangan SMK-SBI Melalui Proyek Indonesia Vocational Educational Strengthening (INVEST).

Logo SMK Negeri 1 Karawang

Visi Misi SMKN 1 Karawang


Visi

Terwujudnya lulusan yang unggul, berkarakter, berdaya saing tinggi serta berwawasan lingkungan berlandaskan iman dan taqwa

Misi

  1. Menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2015
  2. Melaksanakan kegiatan 5R dan Kaizen.
  3. Membangun komunikasi dengan orang tua siswa
  4. Melaksanakan Supervisi, Penilaian Kinerja Guru da Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
  5. Menyusun Kurikulum Implementatif
  6. Meningkatkan keterserapan lulusan yang memiliki kemampuan wirausaha secara mandiri di era industri 4.0.
  7. Meningkatkan prestasi siswa di bidang akademis melalui, Lomba Kompetensi Siswa, Olimpiade dan sertifikasi Kompetensi secara berkelanjutan.
  8. Menerapkan penguatan pendidikan karakter melalui kegiatan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, pembiasaan, keagamaan dan pengembangan diri
  9. Menerapkan pemelajaran berbasis teaching factory bekerjasama dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri ditiap kompetensi keahlian
  10. Melaksanakan pembelajaran bahasa asing yang berkualitas untuk menghadapi era globalisasi.
  11. Memiliki sarana dan prasarana pembelajaran yang memadai dengan kualitas layanan prima dan berwawasan lingkungan
  12. Meningkatkan kompetensi sumber daya manusia tenaga pendidik dan kependidikan

Website : SMK Negeri 1 Karawang
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url